-:-

Fungsi Glasswool Di Dalam Box Speaker

| Fungsi Glasswool Pada Box Speaker | Bisnis-DIY |

Pada beberapa produk box speaker (salon speaker♪) sering di bagian dalamnya terdapat glasswool yang menempel di dinding dalamnya. Tapi memang tidak semua di dalam box speaker tersebut diberi glaswool. Lantas sebenarnya apa sih tujuan atau fungsi benda berujud seperti serabut plastik/ serat kaca yang berlapis-lapis itu berada di dalam box speaker?

Sebelum menjawab pertanyaan diatas mari kita mengetahui dahulu apa dan bagaimana bunyi itu. Menurut pendapat umum para ahli fisika bahwa bunyi atau suara adalah getaran benda dengan jumlah frekuensi getaran tertentu yang merambat melalui media udara. Dan bunyi atau suara ini, ada yang berupa getaran suara tunggal dan ada yang berupa getaran suara gabungan dalam satu waktu yang sama. Untuk jenis bunyi suara tunggal contohnya suara klakson kendaraan, sirine... dan untuk yang bunyi suara gabungan ini cirinya adalah enak di dengar. Dan glasswool di dalam box speaker ini berkaitan dengan pengendalian suara jenis ganda ini termasuk masalah gema suara yang terjadi di dalam box speaker.

Jadi fungsi glasswool yang berada di dalam box speaker ini adalah untuk meredam getaran suara yang tidak diinginkan yang frekuensinya dekat dengan frekuensi suara rendah dan dalam hal ini adalah suara bass yang frekuensi getaran suaranya sekitar 50Hz -70 Hz. Bisa bass gitar, bass drum, gong atau sejenisnya.

Jadi frekuensi suara di atas 50 Hz di dalam box speaker akan diredam termasuk juga frekuensi suara medium, yang pada akhirnya suara dengan frekuensi rendah yang dihasilkan oleh box speaker yang dipasangi glasswool tersebut akan jauh lebih menonjol dan terdengar paling jelas.

Fungsi lainnya lagi adalah untuk memperpendek gema suara yang berpantulan didalam box speaker, misalnya jika speaker mengeluarkan suara "dunnggg" maka dengungannya tidak akan lama dan cepat berhentinya. Karena dengungan suara yang bergema terlalu panjang itu akan sangat tidak nyaman didengar dan akan terasa gaduh bising dan tidak nyaman apalagi jika sudah melibatkan banyak dentuman bunyi.

Dampak positif lain dari pemasangan glasswool di dalam box speaker ini adalah, berkurangnya getaran box speaker itu sendiri akibat pendeknya gema bunyi yang terjadi di dalamnya....

Apakah hanya dengan glasswool saja material untuk peredaman suara di dalam box speaker ini?
...jawabnya tentunya tidak karena pada kenyataannya ada yang menggunakan karpet serabut seperti kain tebal dan ada juga yang menggunakan busa atau kombinasi dari ketiga jenis bahan, dan tentunya hasilnya akan berbeda-beda pula.

Jika ada pertanyaan... bukankah sudah ada equalizer yang bisa mengatur berbagai macam getaran suara sehingga tidaklah perlu memberi glasswool di dalam box speaker?
.... jawabnya adalah pemberian glasswool ini sebenar hanya untuk memaksimalkan kualitas dari suara frekwensi rendah terutama suara bass.

Demikian penjelasan singkat mengenai fungsi glasswool di dalam box speaker, semoga bermanfaat terutama bagi yang sedang membuat rancangan box speaker untuk keperluan bisnis sound systemnya.




★ Post terkait :
Bentuk box speaker 15 inch dan ukurannya..…… Contoh bentuk box speaker indor....

Tinggalkan Pesan Atau Link Anda Di Bawah Ini

Thanks for coming ...

°